Selasa, 18 Oktober 2016

Learning Partner Siap Menginspirasi

Assalamualaykum WrWb

Salam SuksesMulia

Sahabat learning partner,  belum lama ini saya mendapat ajakan untuk turun ke daerah di Labuhanbatu Selatan, Sumatera Utara. Kalau dari Medan,  perjalanannya sekitar 7 jam menggunakan mobil. Sebenarnya masih khawatir banget, karena menjadi sahabat learning partner sendiri masih sangat baru  terkait cita-citanya.

Formula sahabat learning partner sendiri masih belum kuat, namun
semangat saya untuk menjadi your learning partner itu mengalahkan segala kekhawatiran yang ada, hehe.. Jadi ceritanya saya dipinta untuk siap menginspirasi guru-guru di salah satu sekolah yang berada di Labuhanbatu Selatan. Topik yang diminta adalah "Public Speaking". Kebetulan materi ini menjadi konsen saya untuk terus bertumbuh, karena itu ketika mendapat "panggung" ini saya terima saja. Karena saya sudah tidak sabat ingin berbagi apa yang saya miliki, sehingga besar harapan saya dan guru-guru disana menjadi learning partner yang hebat.

Saya kefikiran, kira-kira apa ya value yang ingin disampaikan kepada guru-guru. Karena sebagai learning partner saya tidak ingin memberikan sesuatu hanya setengah-setengah, kalau bisa 100%, InshaAllah. Biar hasil maksimal, dan para sahabat learning partner juga tidak setengah-setengah bertumbuhnya.

Dari beberapa mentor Public Speaking yang pernah saya amati mengenai adalah Mas Namin AB Solihin, selaku motivator pendidikan, salah satu materinya adalah bagaimana menjadikan guru pengejar sekelas trainer.

Wow biarpun saya tak tahu pasti bagaimana Mas Namin membawakan materi tersebut, namun saya sudah bisa memvisualisasikannya di dalam pikiran saya, dan harus segera di eksekusi ke dalam PowerPoint untuk dibuat materinya. Keren kan kalau guru cara mengajarnya dan cara bicaranya sekelas Trainer Keren di Indonesia. Ini semakin membuat saya semangat untuk berbagi dan menginspirasi, karena itulah ide dasar kenapa saya mencetuskan sahabat learning partner.

Bagaimana perkembangannya, nanti akan saya update. Pastinya juga saya akan berbagi pengalaman ketika hari inspirasi itu tiba. Jadi, sahabat-sahabat learning partner yang berada di seluruh Indonesia juga bisa mendapat pengalaman seru dari blog ini. Learning partner siap menginspirasi dimanapun dan kapanpun, semoga Allah selalu memberi saya kesehatan dan keringanan langkah untuk melahirkan sahabat learning partner lainnya. Kenapa? Karena saya adalah Your Learning Partner :)


Oh ya, saya akan cerita sedikit terkait guru-guru yang akan menjadi sahabat learning partner di Labuhanbatu Selatan. Kebetulan mereka adalah penerima manfaat dari sebuah Yayasan yang konsen kepada pengembangan kompetensi guru. Lembaga tersebut bernama Djalaluddin Pane Foundation yang mengusung Teacher Competency Development Program (TCDP). TCDP sendiri konsen kepada pemanfaatan TIK dalam kegiatan belajar mengajar yang ditujukan kepada guru-guru daerah yang akses sekolahnya jauh dari Kota.

Misi mulia TCDP adalah mewujudkan Indonesia Terdidik TIK. Saat ini mereka sudah 3 bulan mendapat pengembangan TCDP terkait pemanfaatan TIK. Nah, salah satu fasilitator yang stay disana ternyata menampung inspirasi guru-guru disana agar mereka diberikan kompetensi terkait Public Speaking. Nah itulah mengapa learning  partner diajak untuk berpartisipasi membangun guru-guru daerah untuk menjadi lebih baik. Saya berharap, learning partner bisa menjadikan guru-guru disana sebagai learning partner bagi sekolah sekitaran yanga ada di daerah sana. Sehingga, misi laerning partner untuk menjadi sahabat belajar dan berbagi serta melahirkan banyak pembelajar sejati pelan-pelan tercapai. 

Astaga, inilah ide itu ya. Padahal saya belum punya coretan misi. Tapi karena keasyikan mengetik di blog, ide-ide tersebut muncul saja dengan sebegitunya, Masha Allah. Bismillah, learning partner siap menjadi sahabat belajar dan berbagi yang melahirkan banyak pembelajar sejati lainnya, aamiin. Mohon doanya ya sahabat Learning Partner :)


Wassalamualaykum Wr Wb
Salam Inspirasi,

Rizki Situmorang
Your Learning Partner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar